Pages

Rabu, 24 Oktober 2012

“Jangan Berputus Asa jadikan Sabar sebagai Senjata”


Bersabar adalah senjata ampuh untuk menghadapi berbagai macam cobaan. Terhadap sebagian keinginan yang belum tercapai, dan terhadap hawa nafsu. Bersabar adalah merupakan jalan terbaik dan bentuk ketaatan serta keikhlasan dalam menerima dan menjalankan takdir Allah. Cobaan-cobaan hidup adalah lumrah. Berbagai kesulitan dan cobaan-cobaan hidup  menuntut kesabaran. Sedangkan kesabaran adalah merupakan senjata ampuh untuk berbagai masalah yang di hadapi. Terutama untuk menjaga agar tidak terjadi keputusasaan. Sebuah cita-cita belum tercapai karena belum waktunya. Semua yang kita lakukan harus ikhlas karena Allah dan bekerja keras utuk mencapai sebuah tujuan yang belum tercapai dan semua itu tidak lepas dari izin dari Allah SWT.
Firman Allah dalam Al-Qur’an:
(“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (Yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhanya, dan bahwa mereka akan kem-bali  kepada-Nya.”)
Sesunggunya besarnya pahala itu tergantung besarnya ujian. Dan sesungguhnya jika Allah menyukai suatu kaum, maka Dia akan menguji mereka. Barang siapa yang murka, maka baginya kemurkaan.” (HR.Tarmidzi dan Ibnu Majah).
Putus Asa adalah tindakan yang justru  menghilang-kan rahmat Allah . tindakan yang membuat diri semangkin jauh dari Allah. Putus asa membuat orang semangkin jauh dari rahmat Allah. Merupakan perbuatan orang yang tidak yakin akan kasih sayang Allah. Dan ingat! Allah akan memperlakukan kita sebagaimana kita berprasangka kepada-Nya.


Dalam benuk lain sabar bisa berarti :
ü  Menahan hati dari dalam kegembiraan yang erlebihan dikala mendapat keberuntungan, rejeki, kekayaan ataupun kebahagian lain. Di sini harus mampu menguasai emosi kegembiraan.
ü  Menahan amarah dan berlapang dada terhadap seseorang atau sesuatu yang memancing emosi. Tidak lekas marah dan naik darah.
ü  Dan banyak amal lain yang terkait dangan sabar.
Manfaat yang kita dapat dari Sabar :
ü  Sabar dapat menjauhkan diri dari pada perbuatank-perbuatan yang haram. Suatu perbuatan yang wajib ditinggalkan.
ü  Sabar dapat menjauhkan dari dari perbuatan-perbuatan yang makruh. Suatu perbuatan yang hukunya sunah.
ü  Sabar dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan atas cobaan-cobaan yang diberi oleh Allah.
ü  Sabar dapat melatih diri agar emosi tidak mudah terpancing, sehingga dari perseteruan.
ü  Sabar dapat menjernihkan pikiran dan membuka pintu hati
Terima kasih semoga yang ini bermanfaat bagi yang membacanya….!!!!

0 komentar:

Posting Komentar